Sabtu, 02 Juni 2012

8 tips mudah dalam belajar


1. Belajar dengan santai
Tak usah menganggap pelajaran itu susah. Gimana kalau salah menjawab? Gimana kalau nilai jelek? Tak usah dipikirin. Coba bayangkan, apa ada orang yang segitu ingatnya dengan semua kesalahan kita? Maka dari itu gak usah dipaksakan belajar. Eits, tapi jangan terlalu santai! Nanti dapet bogem mentah dari gurumu, lho.
2. Kerjakan PR dan tugas lebih awal
Ini cuma masalah psikologis. Kalau tugas-tugas kita dikerjakan lebih awal, artinya lebih cepat selesai, dan akhirnya kita bisa lebih cepat bersantai. Jadi jangan suka menunda tugas. Nanti kelabakan, lho.
3. Anggap semua pelajaran menyenangkan
Semua pelajaran punya daya tarik sendiri, kok. Kalau matematika, menantang. Kalau IPA, bikin penasaran. Kalau Penjaskes, bisa sekalian main. Jadi, jangan stress karena mata pelajarannya susah.
4. Tips saat presentasi
Presentasi tak perlu malu
Saat presentasi, jangan gugup, jangan ragu. Hantam saja semuanya! Kalau perlu maju presentasi di awal-awal, biar cepat lega. Maju belakangan bisa bikin grogi abis, lho. Jangan salah… Sebenarnya guru lebih memperhatikan yang maju duluan, sementara yang maju belakangan biasanya diberi nilai sekedarnya. Gurunya pasti sudah capek ngeliat orang-orang presentasi, dan kalian yang di belakang kena imbasnya.
5. Tips saat ulangan
Jangan terapkan SKS (sistem kebut semalam), itu cuma membuatmu capek. Lebih baik kamu terapkan teknik belajar kelompok, lebih ampuh!
Pusing saat ulangan? Santai aja...
6. Banyak olahraga
Banyak olahraga selain menguatkan otot ternyata bisa membuat pintar! Kenapa? Karena saat olahraga jantung dipacu untuk berdenyut lebih banyak dan mengirimkan oksigen ke tubuh lebih banyak. Tentu ini berdampak baik bagi otak kita yang butuh banyak oksigen untuk berpikir…
7. Makan 4 sehat 5 sempurna dan banyak minum
Makan makanan sehat tentu berdampak baik bagi tubuh kita, termasuk otak. Jika otak kita tercukupi nutrisinya, ia bisa berpikir lebih optimal. Selain itu karena otak kita mengandung sekitar 75% air, maka kita dianjurkan banyak minum (jangan minum air kolam!).
Makanan Cina, enak ya!
8. Banyak berdoa dan minta restu orang tua
Ini sesuatu yang sudah pasti. Asal tahu saja, keberuntungan saat menjawab soal bisa meningkat hanya karena berdoa sebelum bekerja (ini gosip, tapi kayaknya benar). Restu orang tua dan doanya bisa membuat perasaanmu tenang sehingga siap menghadapi berbagai tantangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar